Rabu, 26 Desember 2012

Bahaya Bila Sering Menahan Kencing


Tahukah Kamu efek menahan kencing itu tidak baik bagi kesehatan kandung kemih tempat menyimpan kencing sementara.
Seseorang pun dapat kesulitan buang air kecil saat sering menahan kencing dan terpaksa harus dibawa kerumah sakit dan untuk mengobati itu bisa mencapai 15 Juta.

Saat orang menahan kencing, maka kandung kemih akan melar dan membuat pompa di kandung kemih tidak berfungsi dengan baik saat kencing hingga tak jarang banyak orang yang baru selesai kencing tak lama kemudian kembali ingin kencing. "urine yang tersisa banyak di kandung kemih  dan membuat saluran tersebut terinfeksi, tapi jika akibat menahan tersebut membuat pompa kandung kemih memberi tekanan yang tinggi dan dapat merusak ginjal" menurut dokter di RSCM.

 
Inilah bahaya bila sering menahan Kencing

Dr Rasyid mengatakan saat terjadi tekanan tinggi dari pompa, seseorang tidak merasakan apa-apa. Karena kerusakan ginjal yang terjadi akan lebih berbahaya jika ditemukan adanya infeksi pada kandung kemih, namun namun jika tidak ada infeksi kemungkinan menyebabkan pembengkakan ginjal.

Tapi kedua kondisi tersebut tentu saja tidak baik untuk kesehatan dan bisa berbahaya jika terjadi terus menerus. Sementara itu bagi orang yang memang sudah memiliki gangguan berkemih, sebaiknya orang tersebut mengetahui pola tersendiri pada jam berapa saja ia akan berkemih, hal ini akan menghindarkan dirinya dari kondisi menahan pipis.

Berapa lama waktu yang bisa dilewatkan seseorang untuk menahan buang air kecil berbeda-beda, dan juga kemampuan pompa kandung kemih setiap orang berbeda setelah menahan pipis, urine yang keluar tidak sampai habis dan tak berapa lama ingin pipis lagi, maka itu berarti kandungan urine di kandung kemih sudah berlebihan. Sebaiknya kalau tidak ada gangguan apa-apa, setelah muncul rasa ingin pipis maka segera saja berkemih.

0 komentar:

Posting Komentar