Rabu, 26 Desember 2012

Efek Bahaya Ciuman Bagi Kesehatan


Ciuman yang menurut kalian nikmat itu ternyata berbahaya lho, karena jika dilakukan secara berlebihan akan mendatangkan penyakit Infectious Mononucleiosi (kissing disease) akibat virus Cytomelago dan biasanya terdapat di kelenjar air liur, air seni, lendir leher rahim, sperma, air susu ibu, dan darah.

Ternyata penyakit ini juga dapat menular melalui transplantasi organ, donor darah, persalinan, serta oral seks.
Tahukah Kamu virus ini sekerabat dengan virus Herpes yang bersifat laten dalam tubuh dan hampir sebagian besar orang dewasa pernah disinggahi virus ini terutama remaja di Amerika, rata-rata usia 15-25 tahun saat mulai melakukan aktifitas ciuman.

Gejala yang terjadi biasanya seperti flu, yaitu demam, tenggorokan tidak nyaman, dan sering mengantuk dalam jangka waktu sekitar dua minggu sehingga tanpa disadari hati dan limpa akan membengkak.
 
Inilah efek bahaya Ciuman Bagi Kesehatan

Penyakit ini menyerang selaput otak (meningen) dengan akibat jaringan otak menjadi layu kemudian perlahan-lahan sel-selnya mengalami kematian dan umumnya terjadi pengurangan pendengaran, gangguan penglihatan dan kelumpuhan. Contoh lain dari menempelnya bakteri seperti Streptococcus pada permukaan dalam pipi, mulut, lidah ataupun gigi menyebabkan infeksi termasuk penyakit gusi dan sakit tenggorokan.

Komplikasi yang dapat terjadi karena infeksi mononuecleosis antara lain pembesaran limpa, gangguan hati, anemia yang semakin parah, penurunan trombosit dan mempengaruhi pembekuan darah (trombositopenia) juga gangguan sistem saraf. Perlu diingat bahwa saluran pernapasan (hidung, mulut dan tenggorokan) terdiri dari jaringan yang sama, akibatnya mikroba yang ditemukan dalam air liur umumnya dapat ditemukan juga di bagian lain dari saluran pernapasan.

1 komentar: